Jumat, 13 November 2020

Tidak Enak Badan pada Masa Pandemi?

 



Penanganannya pada dua hari pertama yang berat (meriang, nggereges, ga enak badan) adalah  berpuasa, tidur, dan istirahat yang cukup, hindari karbohidrat, (termasuk madu, susu, sari kurma)

Jangan konsumsi bahan makanan yang mengandung gula karena gula makanannya virus, virus bisa replikasi jadi  jutaan). Kalau mau makan buah, misal dipilih avokad saja, sedangkan mangga dan pisang dihindari karena mengandung banyak gula.


Boleh minum kopi, tetapi jangan diberi gula. Bagaimana dengan berolah raga? Untuk sementara tidak berolah raga karena aktivitas berolah raga hanya untuk orang yang sehat.


Ingat kucing, kucing kalau sakit tidak mau makan, muntah, dan meringkuk saja. Kita sebaiknya tidur dan beristirahat (12-16 jam sehari). Meringkuk dilakukan sekitar 2-3 hari saja, selanjutnya boleh bergerak ringan. Maasya Allah, ternyata perilaku kucing yang sakit itu (meringkuk, tidur, dan tidak mau makan) merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk membentuk antibodi. Perbanyak konsumsi protein (daging, telur, ikan, ayam) tanpa nasi. 


(Saran dari dr. Piprim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar