Selasa, 23 Februari 2021

Ketika Jigsaw Bertemu TSTS


Pembelajaran hari ini saya buka dengan ucapan syukur dan doa bersama. Kemudian saya pun mengecek kehadiran peserta didik di kelas X MIPA 4. Alhamdulillah lengkap.

Kemudian saya membagi peserta didik menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok membuat yel-yel kelompok, lalu memeragakannya. Tujuan yel-yel adalah membawa suasana belajar yang menyenangkan ke dalam kelas.





Setelah suasana menghangat saya pun mengajak mereka untuk fokus pada kegiatan berikutnya. Berhubung saya ingin mengulang materi prosedur, eksplanasi, dan teks ceramah di kelas dengan kegiatan berpusat pada peserta didik, saya memanfaatkan model pembelajaran jigsaw yang dikombinasikan dengan TSTS (Two Stay Two Stray) berdurasi 3 jam pelajaran.

Pertama, saya membagi peserta didik menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat 10 soal mengenai materi prosedur, kelompok kedua mendapat 10 soal eksplanasi, dan kelompok ketiga memperoleh 10 soal teks ceramah.

Kartu soal


Peserta didik yang ahli menjelaskan kepada anggota kelompoknya. Yang lain menyimak sambil memgonfirmasikannya dengan materi di modul dan bunyi soal esai dan pilihan ganda yang diperolehnya.



Tiap-tiap kelompok harus mengerjakan soal-soal yang didapatnya di selembar kertas. Kalau sudah selesai 10 soal, perwakilan kelompok bertamu ke dua kelompok lain untuk bisa mengerjakan semua (30 soal) yang tersebar tadi. 

dokumen pribadi

kelompok eksplanasi


Jika 30 soal itu telah dikerjakan, tiap-tiap kelompok mempresentasikan 10 soal esai yang semula mereka dapatkan. Jika awalnya mereka mendapatkan 10 soal prosedur maka yang dipresentasikannya hanya 10 soal prosedur walau sudah mengerjakan semua soal. Tujuannya agar setiap peserta didik bisa memahami semua materi, tidak hanya prosedur, tetapi juga memahami eksplanasi dan teks ceramah.

kelompok prosedur


Kelompok prosedur tampil, kelompok eksplanasi dan kelompok teks ceramah menyimak dan bisa bertanya jawab. Kemudian kelompok eksplanasi tampil maka kelompok prosedur dan kelompok teks ceramah menyimak dan bertanya jawab. Terakhir, giliran kelompok teks ceramah yang tampil. Kelompok prosedur dan kelompol eksplanasi menyimak dan bisa bertanya jawab pula.

kelompok teks ceramah


Akhirnya, peserta didik bisa saling mengonfirmasi jawabannya, membuat simpulan atas ketiga materi yang telah diselesaikannya. Saya mengevaluasi jawaban ketiga kelompok tersebut dan ternyata diketahui bahwa dari 30 soal diperoleh hasil 26 soal dijawab dengan betul dan 4 soal dijawab salah. Selanjutnya saya memberi reward dengan mempersilakan semua peserta didik untuk bersama-sama mengucapkan hamdalah. Kemudian mereka boleh bertepuk tangan atau mengucapkan yel-yel kelompok.

Peserta didik menyampaikan kesan-kesan setelah pembelajaran. Kemudian peserta didik diberi tugas asrama untuk mengerjakan modul, lalu membaca doa penutup majelis bersama. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar