Senin, 17 Desember 2018

Wuaseme Puoool!



Hanya dengan membayangkan tetesan perasan jeruk nipis menyentuh permukaan lidah kita, langsung terasa masam. Padahal, kita tidak sedang minum perasan jeruk nipis.

Penyebabnya adalah sebelumnya kita pernah mengalaminya. Saking asemnya, terus tertanam di dalam pikiran bawah sadar kita.
Begitu pula pengalaman pahit kita, tanpa kita sadari telah menggurat rasa di pikiran bawah sadar kita.

Masalah, kesulitan, utang, musibah, dan segala hal yang tidak kita inginkan hadir dalam hidup kita layaknya jeruk nipis, lepaskanlah dan lapangkanlah dadamu.

Kita mau bahagia atau mau larut terus dalam asemnya "jeruk nipis" itu adalah pilihan. Namun, kalau kita memilih untuk melepaskan "jeruk nipis" itu, hidup kita akan tenang. Allah Ta'ala telah berfirman,

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
"Hanya dengan mengingat-Ku hatimu menjadi tenang." (Ar-Ra'du:28)

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَك
"Bukankah Kami telah melapangkan dadamu."
(Alam Nashrah:1)

Tiap orang punya masalah, termasuk saya. Lihatlah Nick Vujicic yang tidak punya tangan dan kaki tapi berhasil menginspirasi banyak orang, bahkan videonya ditonton jutaan orang.

Saya akan mengatakan pada diri sendiri, "Ya Allah, terima kasih telah Kau titipkan jeruk nipis ini padaku. Sesungguhnya Kau Mahatahu sampai mana batas kekuatanku. Pasti telah Kau sediakan jalan keluar untukku. "

Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Surat Ath-tholaq ayat ke 2-3:

...وَمَنْ يَتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَيَحْتَسِبُ…
“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (At-Thalaq: 2-3)

Saya akan lebih memilih perasan jeruk nipis itu untuk dicampur madu dan es batu agar lebih nikmat rasanya. Madu ibarat rasa syukur yang menambah rasa manis, sedangkan es batu ibarat tilawah Alquran yang menyejukkan hati.

Kalau kita sudah memilih untuk bahagia dan melepaskan jeruk nipis itu, mana ada masalah, masalah itu kalau disyukuri malah akan mendatangkan rezeki."

Semangat Fillah,

  • Rosianafe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar