Rabu, 29 Januari 2020

MENULIS SEMUDAH TERSENYUM BERSAMA BU MELNI



Hari ke-14, Rabu, 29 Januari 2020
Workshop Menulis bersama Om Jay
Narasumber : Bu Sri Melni
Disusun oleh: Rosiana Febriyanti
============================

Ibu Sri Melni adalah guru SMP yang gemar menulis buku, pegiat literasi dari Solok, Sumatera Barat. Beliau mengajarkan cara menulis dengan suara menggunakan aplikasi write plus yang diunduh terlebih dahulu di playstore, kemudian para peserta workshop diminta mengunduh aplikasi write plus dan mencobanya sendiri.



Beliau mengajarkan cara menulis dengan suara menggunakan aplikasi write + yang diunduh terlebih dahulu di play store kemudian para peserta workshop diminta mengunduh aplikasi tersebut dan mencobanya sendiri.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Mula-mula unduh terlebih dahulu aplikasi write+ 
  2. Jika sudah terbuka tekan tanda plus berwarna hijau, tunggu sampai keluar keyboard-nya
  3. Lalu tekan lambang mikrofon yang ada di keyboard sampai berbunyi ting dan lingkaran di sekitar mikrofon berubah warna menjadi hijau, barulah kita mulai berbicara, lalu muncullah tulisan dari apa yang kita ucapkan.
  4. Ucapan harus jelas agar dapat tertangkap oleh Google untuk menampilkan kata dengan tepat di layar.
  5. Kalau ada tulisan yang salah kita tinggal mengeditnya sedikit dengan menggunakan keyboard untuk merapikan tanda baca, huruf kapitalnya, dan kata-kata yang tidak perlu.
  6. Untuk membagi tulisan ke Whats App, tekan titik tiga di pojok kanan atas, tekan share hingga muncul kotak kecil berupa pilihan jenis dokumen, kemudian kita pilih "text".
  7. Kalau muncul kotak bertuliskan "Bagikan dengan" kita pilih lambang WA jika memang mau dibagikan ke WA. Terserah kita, mau dibagikan ke aplikasi email atau yang lainnya.






Beliau berpesan, menulislah seperti air mengalir tanpa memikirkan kesalahan dulu sampai kita terbiasa dulu untuk menuangkan ide ide untuk melahirkan karya.
Semakin banyak yang kita tulis maka akan semakin banyak kumpulan kejadian setiap hari yang harus diabadikan
Terima kasih Ibu Melni yang telah memperkenalkan saya aplikasi ini. Menulis menjadi lebih mudah.


4 komentar: