Rabu, 16 Januari 2019

10 YEARS CHALLENGE



Kira-kita sepuluh tahun lalu, Nexian yang giginya sudah ompong (hurufnya sudah copot lemnya) masih saja menemaniku. Sampai-sampai salah seorang muridku berkata, "Ganti napa, Bu. Gak bosen apa, udah jelek gitu. Lembiru, lempar beli baru... ."
.
.
Sambil tersenyum aku pun menjawab, "Nanti kalau kamu sudah kerja, bakal merasakan gimana susahnya cari uang, pasti kamu akan seperti ibu."
.
.
"Maaf, Bu. Cuma becanda," ucapnya canggung. .
.
"Gapapa, Nak, santai aja," balasku. .
.
Tiga tahun kemudian, tibalah pada saat anak itu diwisuda. Semua anak sudah melewati prosesi wisuda dan saatnya musofahah dan foto bersama keluarga. Di antara keriuhan orang banyak, ternyata anak tersebut menghampiriku sambil berkata, "Bu, terima kasih atas bimbingan Ibu selama ini, mohon maaf sebesar-besarnya atas dosa dan kesalahan saya selama ini. "
.
.
"Nah, Ibu aja lupa kamu salah apa sama Ibu. Seandainya kamu punya salah pun sudah lama Ibu maafkan," kataku menenangkannya, karena kulihat matanya sudah berkaca-kaca. .
.
"Pokoknya kesalahan saya besar, gak bisa saya katakan sama ibu. Saya cuma minta ridhonya Ibu, jangan sampai karena Ibu gak ridho sama saya menjadi penghalang keberhasilan saya. Seandainya ibu mahrom saya, saya akan cium kaki Ibu," kata anak lelaki itu terisak.
.
.
Apa ya, aku cuma ingat dia pernah bilang HP saya sudah jelek. Ah, sudahlah, itu sudah lama sekali kumaafkan. "Eh, gak perlu cium kaki segala. Udah nangisnya, malu tuh nanti diliat teman-teman kamu," kataku mencoba mencairkan suasana. .
.
Senyumnya mengembang, tangannya cepat mengusap air mata di pipinya. "Terima kasih, ya, Bu... "
.
.
Aih, siapa saya, saya bukan wali kelasnya, tapi anak itu begitu terlihat menyesal. Kalau ada yang ngatain saya jayus, lebay, garing sih sudah biasa. Sudahlah, saya cuma bisa mendoakan untuk kesuksesannya.
.
.
Sekarang, HP yang saya pakai untuk menulis cerita ini cuma Vivo 3, kameranya kadang bisa dipakai memotret kadang tidak, sering terbanting, jatuh, dan kecipratan air juga. Kalau sedang ngadat, ya cuma bisa screenshoot gambar saja untuk diunggah di instagram.
.
Banyak pula kenangan manis
Banyak cara untuk  menulis
.
.

@30haribercerita #30hcb1916

Tidak ada komentar:

Posting Komentar