Selasa, 08 Januari 2019

SEMANGAT PAGI, KAKI MUNGIL!



Saat lingkar jingga lelah singgah di cakrawala
Saat kaki kaki mungil tak kenal lelah berpijak
Saat wajah merupa pias namun hati puas

Para tukik mulai mengarungi petualangan pertamanya
Berjuang melawan sisiran dan debur ombak
Bergerak maju meski kerap terempas
Menuju keniscayaan
Kemenangan itu tinggal selangkah lagi

@30haribercerita
#30hbc1908
#30haribercerita1908
#30HBCjalan
#2019menang



SEMANGAT PAGI

Masih ingatkah, kalian, pada yel-yelku untuk menyemangatimu setiap hari di kelas? Ternyata aku sendiri tak berdaya saat mencoba melangkahkan kaki di tepian pantai berpasir di Ujung Genteng. Butiran pasir terlalu agresif masuk ke sendal, sehingga kaki terbenam dan berat untuk melangkah. Kalian tinggalkan aku sambil berteriak, "Semangat Pagi!"


Hampir menangis aku karena takut kalian tinggal. Namun, aku tak mau kalah semangat, perjalanan ini pasti berujung di konservasi penyu. Ah, fokus, jangan tergoda pada cangkang lokan dan kerang yang berwarna-warni!



Lingkar senja tersembul malu di cakrawala. Kita pun tiba di tempat telur-telur penyu dikutip agar tak terjamah tangan-tangan manusia serakah. Mata kalian berpendar saat masa yang kita nantikan itu tiba.


Satu per satu tukik-tukik dikeluarkan dari ember. Kemudian kita sama-sama menghitung, "Satuuu, duaaa, tiiigaaa!" Kaki-kaki mungil mereka mulai bergerak, ada yang berjalan lurus ke arah pantai, ada pula yang menyerong. Sesekali lidah ombak mengempas, sesekali tukik berupaya meraih kesempatan untuk berenang. Ada pula yang takut menerjang segala tantangan. Akhirnya, semua tukik hilang ditelan sisiran ombak.


Kini, satu per satu dari kalian pergi meninggalkan sekolah untuk status baru, mahasiswa. Bergeraklah kalian untuk memenangkan babak baru perjuangan hidup kalian. Bergeraklah seperti air, karena air yang mengalir akan jernih membawa manfaat kehidupan. Akan tetapi, jika air itu diam maka akan keruh seperti air selokan yang mengoleksi sampah masalah.


Semangat Subuh!

@30haribercerita
#30haribercerita1908
#30hbc1908

Tidak ada komentar:

Posting Komentar