Kamis, 27 Februari 2020

TIPS BAGI PENGUNJUNG ISLAMIC BOOK FAIR 2020



Berikut tips sebelum berkunjung ke Islamic Book Fair 2020.

1. Musim hujan, sedia payung

2. Bawa kresek buat tempat sendal/sepatu, masukkan ke tas kalau shalat.


Mushallanya lapang yang disekat partisi putih yang rapuh. Jangan disenderin karena bisa roboh. Partisinya cuma setinggi kira-kira setengah badan orang dewasa.  Di mushalla ini sebenarnya lega banget tetapi pintu masuknya kecil dan kurang ada pengaturan dari panitianya, saya berjuang banget buat cari sepatu yang saya parkir di depan pintunya. Tadi saya kurang strategi, seharusnya sepatu saya kresekin trus masukin ke tas. Berhubung pintu masuk penuh, setelah ambil sepatu saya menyebrang ke tempat shalat bapak-bapak. Ini karena darurat banget. Para ibu yang mau masuk bentrok dengan para ibu yang mau keluar. Stag parah.

3. Berwudhu pukul 11.00 supaya tidak mengantre

4. Shalat dijamak takdim karena mau pulang jam 2.

5. Jam 13.30 sudah kembali ke bus

6. Absen siswa segera berapa pun jumlah anaknya

No 4, 5, dan 6 khususon buat saya aja yang jadi pembimbing murid-murid. 🙏

Tuh mereka cari buku apa ya?

7. Makan juga sebelum zuhur supaya tidak antre dan kelaparan

8. Toilet penuh di atas jam 12, silakan antisipasi. Food corner juga penuh.

9. Di belakang food corner ada jalan rahasia menuju ke luar gedung, belok ke kiri ada jalan lorong menuju musola, enak banget buat shalat dan ke toilet.


10. Agar tidak lapar mata, buat list buku yang mau dibeli sekalian nama penerbitnya. Jadi, langsung ke stand yang bertuliskan penerbitnya.



11. Jangan tergiur buku diskonan tetapi sebenarnya kita tidak butuh.

Buku diskonan

Ada yang lucu di sini

12. Ada Alquran saku seharga 10.000-15.000 di tengah stand, saya lupa nama stand-nya.

13. Ada kaos kaki 5.000-an dan cadar 10.000-an.

Kaos kaki diskonan langsung diserbu

14. Saya ga beli buku buat pribadi, cuma beli buku anak aja karena akhir bulan. Uang cukup buat makan di sana. Di food corner es cokelat 10.000/cup, es teh 5.000/cup, nasi beserta lauk kisaran 25.000-45.000.

Kepadatan di food corner


Silakan menambahkan sendiri.

Sekian laporan dari Rosianafe, reporter migren dari IBF.

1 komentar: