Jumat, 07 Februari 2020

GURU MENJADI YOUTUBER PENDIDIKAN, MENGAPA TIDAK?


Hari ke-22, 6 Januari 2020
Workshop Menulis Bersama Om Jay
Narasumber: Ir. Agus Nggermanto
Disusun oleh: Rosiana Febriyanti
=========================

Semalam saya mendapatkan pencerahan dari Paman Apiq, begitu sapaan akrab untuk Ir. Agus Nggermanto. Beliau seorang blogger ternama dan juga Youtuber terkenal di dunia pendidikan. Beliau guru matematika, dosen krearivitas dan inovasi, lulusan elektro ITB, penulis beragam buku best seller, dan tentunya pendiri APIQ, lembaga bimbel online.

Anda bisa melihat karyanya di blog dan youtube.
Buku karyanya dapat dilihat di link berikut.
Video beliau sewaktu diwawancarai Kompas TV juga dapat kita lihat di https://youtu.be/fSHiXOjJFfI

Kita tinggal membuat video asli milik kita sendiri, lalu membuka aplikasi youtube di hp, kemudian mengunggahnya dengan klik bagian kanan atas,
dan nanti akan muncul pertanyaan dan kita jawab semuanya. Jika sudah Oke maka kita berhasil jadi youtuber. Channel Youtube beliau dapat diintip di
Untuk dapat di-like dan di-subscribe pengunjung maka video kita harus bagus dan menarik. Video yang bagus adalah yang menampilkan gambar dengan cukup optimal dan tidak ada gangguan. Video kita juga menarik apabila kontennya sedang dibutuhkan banyak orang.

Beliau sangat terampil dalam bidang matematika sehingga dapat menampilkan konten video menarik dan buku tentang matematika, misalnya Math Fun Learning, Jurus-jurus Jago Matematika untuk SD. Buku tersebut dapat kita dapatkan di https://www.tokopedia.com/dropshiponly/math-fun-learning-jurus2-jago-matematika-untuk-sd-by-a-murah


Konten yang menarik misalnya tentang UNBK. Aplikasi yang digunakan bisa polaris dan mobizen. Untuk bisa menampilkan seperti menulis di papan tulis bisa menggunakan aplikasi polaris yang gratis. Selanjutnya tinggal optimasi. Pembahasan US/UN SD dapat dilihat di https://youtu.be/0Kj3D5JnvSo

Misalnya pula seorang guru agama bisa menampilkan di Youtube misalnya belajar baca Alquran atau Tilawah yang baik. Mulai dari yang paling mudah.
Beliau tertarik menjadi Youtube karena selain mendapat dolar bisa berbagi ilmu juga. Rahasianya apa? Agar mood usahakan rutin harian upload video pendek. Gunakan cara yang mudah untuk produksi video tanpa edit.
Untuk mengintip seberapa banyak subscriber bisa melihat https://socialblade.com/youtube/user/pamanapiq.

Sejak 2008 beliau menjadi youtuber.
Selama 11 thn beliau merasa luar biasa
karena sudah menikmati dolar dari berbagi ilmu, kuncinya harus istiqomah.
Bisa dilihat di  https://pamanapiq.com/2020/02/05/hasil-youtube-cukup-untuk-hidup/.

Dolar baru ada di tahun 2012, di Indonesia dan 2010 di USA. Jadi beliau sudah berbagi ilmu selama 4 tahun lalu sesudah ada program dolar.

Untuk menggunggah video edukasi memang belum ada batasan minimum, tetapi sebaiknya antara 2-7 menit. Cara yang lebih mudah adalah menggunakan ponsel. Kita bisa memulai dari apa yang kita ketahui dan kita bisa, misalnya cara baca huruf hijaiyah. Sebagai tambahan informasi, untuk membuat flyer cantik yang akan ditampilkan di video bisa menggunakan aplikasi canva.

Ketika kita menulis di blog gratis itu menaikkan rating hostingnya. Jadi bisa saling menguntungkan. Namun, ada kemungkinan suatu saat tulisan kita terhapus karena sudah tidak ada.
Cara mudah membuat video tanpa edit adalah memggunakan hp saja tanpa pengeras suara (tentu saja perlu energi ekstra dalam menguatkan suara kita sendiri saat merekam). Jika perlu gunakan aplikasi polaris dan mobizen yang gratis. Jadi, untuk jadi youtuber sukses mulai dari yang mudah saat ini dengan mengandalkan ponsel kita. Tidak perlu ponsel mahal, cukup ponsel seharga satu-dua jutaan juga bisa, dan istiqomah memperbaiki kualitas video kita.

Karena dibatasi waktu, saya yang asyik menikmati salah satu video pembagian yang beliau unggah, terlewat untuk menanyakan  logika berpikir 60:5 dengan cara 6 dikali 2 maka hasilnya 12.   Bagaimana penjelasannya, ya? Terlepas dari kebingungan saya akan cara cepat pembagian, saya tetap salut pada ketekunan dan konsistensi Paman Apiq sebagai guru, blogger, penulis buku, dan youtuber yang sudah menikmati dolar dari video-video unggahannya.

Aha! Ternyata saya sudah mendapatkan jawaban langsung dari Paman Apiq atas pertanyaan 60/5 menggunakan cara 6x2.

5 = 10/2
Maka 60 : (10/2) = 6 x 2

Lengkap di bit.ly/myapiq dan youtube.com/pamanapiq

Terima kasih, Paman Apiq.

2 komentar:

  1. Ternyata anak saya yang SD katanya sudah pernah lihat video Paman Apiq di Youtube. Keren videonya.

    BalasHapus